Powered by Blogger.
RSS

Pandangan Islam Terhadap Wanita

Tidak ada keraguan bahwa Islam bersikap adil pada wanita dan menempatkannya dalam kedudukan dan tidak tersesat serta tidak hina. Islam memelihara hak secara penuh dan menjaganya dari pelecehan kehormatannya dan kehilangan kehormatannya. Islam telah memuliakanya, bahkan berlebih-lebihan dalam memuliakannya, karena Islam mengetahui bahwa wanita adalah dasar masyarakat yang baik. Itulah pandangan Islam terhadap wanita atas dasar beberapa hal :
  1. Laki-laki bagi wanita. Tidak diragukan bahwa kepemimpinan seorang lelaki harus tampak jelas dalam hidup bersama istrinya. Hal itu disebabkan tabiatnya ditetapkan untuk memimpin wanita. Hal ini tidak dianggap sebagai kezaliman terhadap wanita, bahkan memuliakannya dan meletakkannya pada tempat yang sesuai.
  2. Pekerjaan wanita. Allah SWT memberikan izin kepada wanita untuk keluar rumah sesuai keadaan dan kebutuhan saja. Ia tidak mengubah sedikit pun dari pokok dalam sistem masyarakat Islam, yaitu bahwa lingkungan pekerjaan wanita adalah rumah. Izin bagi mereka untuk keluar rumah hanyalah sebagai rukhsah dan kemudahan. Maka ia tidak boleh menggunakan makna dan tujuan yang lain.
  3. Hak-hak wanita. Islam telah memperhatikan tiga perkara dalam menetapkan hak-hak wanita, yakni pertama, larangan lelaki menjadikan wanita sebagai alat untuk menganiaya, sehingga hubungan antara wanita dan laki-laki hanya seperti pelayan dan tuannya. Kedua, semua kesempatan wajib diberikan pada wanita untuk mengembangkan keahlian dan bakatnya dalam batas-batas tatanan sosial secara optimal dan melakukan pekerjaan untuk membangun peradaban dengan cara sebaik-baiknya. Ketiga, setiap kemajuan dan kesuksesan harus dicapai dengan tetap sebagai wanita.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

1 comments:

campbeltagle said...

Casino games | JTM Hub
Enjoy the best games, free spins, 익산 출장샵 and promotions at 양주 출장마사지 our website at JTM. Play games by 김포 출장샵 Microgaming, Big Time 전주 출장마사지 Gaming, Pragmatic Play, Microgaming 시흥 출장안마 and more!

Post a Comment